Aku Rindu Ramadhanku

Wednesday, July 25, 2012

Saat melewati pasar Benhil sore ini, saya terbawa euforia Ramadhan. Berjejalan para penjual makanan menggelar dagangan khas berbuka puasa. Mulai dari kolak, es buah, aneka kue, sampai makanan berat sebangsa ikan bakar dan lauk-pauknya.

Tak lama azan pun berkumandang, dengan mengucap basmallah segera saya basahi tenggorokan yang kering dengan segelas teh hangat, aaaah. Tuntas sudah dahaga sedari siang. Setelah tarawih, tiba-tiba saya menyadari sesuatu. Ada rindu yang begitu mendesak-desak. Rindu kampung halaman. Ya, saya memang perantau di ibukota ini.

Sebenarnya bukan kampung halaman yang membuat akhirnya saya menulis ini. Saya rindu suasana ramadhan ketika tinggi badan saya masih sepinggang orang dewasa. Saat malam-malam, mesjid begitu semarak. Subuh begitu semangat. Ramadhan yang begitu membekas di hati.

Saya rindu tadarusan di mesjid kampung dekat rumah. Berlomba-lomba saya dan teman-teman rebutan mike untuk membaca Al-Qur'an. Rasanya bangga sekali kalau bisa ngaji dan suara kita terdengar kemana-mana. Terutama, pengen orangtua saya tahu, kalau anaknya udah pinter baca Qur'an nih.

Biasanya, setiap malam, akan dibagi beberapa kelompok tadarusan, terdiri dari 5-10 orang. Kemudian ditetukan juz mana yang harus dikhatamkan setiap kelompok. Dibaca satu persatu. Jatahnya satu ain bergantian. Waduh, saya paling sebel kalau dapat ain yang pendek. Pengennya dapat yang panjang-panjang. Untuk mensiasatinya, dengan cepat saya akan menghitung kira-kira di ayat berapa giliran saya. Kalau kebagian yang pendek, saya minta tuker posisi duduk. Itu sangkin semangatnya menghidupkan malam-malam selama Ramadhan.

Dalam satu malam, kalau tidak dibatasi juz-nya bisa-bisa langsung khatam tuh Al-Qur'an. Itu aja udah pakai aturan ngga boleh baca cepat-cepat. Ibarat pakai irama 3/4 lah. Coba kalau dibolehkan satu nafas satu ain, wah bisa-bisa dalam satu Ramadhan khatam sampai 30 kali.

Tidak hanya itu, sholat subuh pun begitu menyenangkan. Di mesjid kampung saya dulu, selesai sholat subuh akan ada kuis berhadiah. Setiap hari di lempar satu pertanyaan, yang jawabannya harus ditulis di selembar kertas dan dikumpul keesokan subuh lagi. Begitu seterusnya selama satu bulan. Di akhir Ramadhan nanti akan diundi pemenangnya. Hadiahnya berasal dari sumbangan warga desa. Tujuannya agar anak-anak semangat ke mesjid. Wah, tidak satu subuh pun akan saya lewatkan tanpa sholat di mesjid. Kecuali hujan deras, dan badai menghadang.

Terkadang, di hari-hari tertentu, ada saja warga desa yang menyumbang uang untuk dibagi dalam bentuk pertanyaan spontan. Siapa bisa jawab, langsung ngacung. kalau benar dapat 500 perak. Wew, seneng banget rasanya. Pertanyaanya biasanya tentang kisah nabi, atau disuruh hapal ayat pendek.  Jadinya setiap hari kudu ngapalin juz amma, biar bisa dapet 500 perak itu.  

Hmm, saya terduduk sendiri di kamar kos, menerawang ke masa lalu. Berusaha menangkap suara-suara yang mungkin terdengar dari speaker mesjid seberang pasar Benhil. Namun, nihil, hanya hening yang tercipta.

Ah, kemana anak-anak jaman sekarang pergi. Apakah mereka terlalu sibuk belajar?, sehingga tidak sempat meramaikan mesjid?, ataukah trend Ramadhan sudah berubah? berpindah ke Mall?

Saya rindu suasana ramadhan itu, masa dimana kata " remaja mesjid " terdengar begitu eksotis. Ingin segera saya lahirkan jundi-jundi Islam untuk kembali meramaikan mesjid kita.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature