DecorativeJI, Pengalaman Seru Mewujudkan Warna Impian

Thursday, May 2, 2013
Mau cerita tentang rumah lagi nih. 

Saya pernah bilang kalau nyari rumah itu gampang-gampang susah. Sama seperti yang pernah saya alami. Setahun yang lalu suami saya dimutasi ke kantor direksi yang berada di Medan. Kami yang sebelumnya selalu menikmati fasilitas rumah dinas dari perusahaan, mau tak mau harus mencari rumah sendiri karena penempatan untuk kantor direksi tidak difasilitasi rumah dinas. 

Syukurnya walau ngga dikasi rumah dinas tapi oleh perusahaan diberi tunjangan uang perumahan. Daripada digunakan buat ngontrak, kami memutuskan untuk membeli rumah saja sekalian, lumayan buat tambahan angsuran. Mulailah saya dan suami hunting rumah sana-sini. Ternyata ngga gampang lho nyari rumah yang sesuai keinginan. Saya dan suami pengennya rumah dengan luas yang lumayan, namun ternyata perumahan baru yang ada rata-rata memiliki luas yang sangat terbatas. Kebanyakan developer hanya menawarkan rumah dengan lebar 6x15, seukuran ruko. Ada sih yang agak lebar, bisa 8 meter depannya, tapi harganya sudah selangit, ngga pas dengan budget yang kami punya.

Setelah muterin hampir sebagian komplek perumahan di Medan, akhirnya kami memutuskan untuk membeli rumah second saja. Soalnya rumah second yang rata-rata dibangun di bawah tahun 2000 masih memiliki luas tanah yang sangat lumayan dengan harga yang ngga bikin sesak nafas.

Dan tepat setahun 2 bulan yang lalu kami pun memutuskan membeli rumah yang sekarang kami tempati. Dengan luas 9 x 18 m sudah sangat memadai dan sesuai dengan impian saya. 

Tapi yang namanya membeli rumah second tentulah berbeda dengan rumah baru. Kalau rumah baru, kita bisa atur dari awal dengan kesepakatan kepada developer mengenai bentuk,letak hingga warna sesuai keinginan. Karena rumah saya second, ya terima adanya. Kalau masalah bentuk saya tidak komplain sama sekali, karena ruang-ruangnya sudah pas dengan yang saya inginkan. Lagipula kalau mau merombak uangnya ngga cukup, lah udah habis buat DP. Jadi untuk menyegarkan suasana dan membuatnya seolah baru yang bisa kami lakukan hanyalah mengecat ulang rumah. 

Awalnya saya shock, rumah yang kami beli ini warnanya biru, Semuanya serba biru, dinding,kusen,pintu. Saya tidak ada masalah dengan warna biru, tetapi untuk rumah, menurut saya biru bukanlah warna yang saya inginkan. Saya suka warna-warna natural. Dan ternyata saya dan suami sepakat untuk hal ini. Setelah berdiskusi,kami memutuskan untuk mengecat rumah dengan perpaduan warna putih dan coklat. Putih untuk kesan bersih dan luas, coklat untuk kesan homie dan natural.

Setelah ukur sana sini kami pun belanja cat di sebuah supermarket bangunan. Langsung pilih warna coklat dan putih. Ternyata saat diaplikasikan ke dinding, wah warnanya ngga pas, coklatnya kemudaan, putihnya ternyata salah beli, malah terbeli warna beras, padahal saya maunya putih bersih. Wew, demi rumah idaman suami pun membeli lagi warna coklat yang baru. Kali ini dengan ukuran kecil saja, biar kalau salah ngga sayang duitnya. Eh beberapa kali berganti cat, kok saya belum sreg juga. Capeee deh. Akhirnya kami berhenti dulu, mikirin biar dapat warna yang pas.

Sebuah ide melintas di pikiran saya. Saya mencoba menggambar di laptop bagian-bagian rumah yang mau dicat. Trus kami coba-coba ganti-ganti warna, mencari yang enak dilihat. Kayak di bawah ini.Tapi ya gitu kok warna-wana yang ada di microsoft office ternyata ngga sesuai dengan warna cat yang dijual. 

Percobaan Manual Ala Saya
Baru tahu saya ternyata gradasi warna cat itu banyaaaak banget sampai ribuan. Misalnya coklat ada berapa macam, trus putih juga ternyata ada tingkatannya. Jadi kalau beli cat itu agar sesuai dengan warna yang kita inginkan ntar si tukang cat akan mencampurkan beberapa warna sesuai komposisi yang tepat agar diperoleh warna yang pas.

Awalnya saya ingin mencari di internet, komposisi warna untuk menghasilkan coklat yang saya inginkan. Dulu saat sekolah dasar kan kita diajari, bahwa biru campur kuning jadinya hijau. Atau merah campur biru  jadinya ungu. Saat lagi searching itu ternyata saya menemukan aplikasi yang malah sudah tersedia, ngga perlu pakai campur-campur warna segala, kita tinggal menggunakannya.

DecorativeJI (Decorative Jotun Indonesia) 

Aplikasi ini namanya DecorativeJI (Decorative Jotun Indonesia) dari Jotun. 

Jotun adalah perusahaan cat asal Norwegia. Menurut Direktur PT Jotun Eric Mallace, DecorativeJI merupakan aplikasi mobile pertama di Indonesia untuk industri cat material. Dan kita harus bangga karena aplikasi ini dikembangkan oleh tim yang terdiri darai orang-orang Indonesia asli. 

Di situ diterangkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk mengilustrasikan perencanaan dekorasi rumah kita baik interior maupun eksterior. Tapi harus diinstall dulu di smartphone. Bisa diunduh gratis pada perangkat berbasis sistem operasi IOS.Android serta Blackberry. Menunya ada di Blackberry App World, Apple App Store maupun Google Play Store.. Karena saya punyanya BB ya sudah saya langsung cari di Blackberry App World. Ketik saja Jotun Indonesia, ntar muncul trus langsung download. 

Tampilannya setelah didwonload seperti ini nih,  Warna birunya bikin mata adem.



Ada 12 menu yang disajikan. Wah banyak juga ya, sampai bingung saya ngeliatnya. Saya coba mengeksplorasi semua menu yang ada biar ngeh gitu fungsi-fungsinya. Jadi kayak punya mainan baru nih.

Macam-Macam Cat
Setelah membaca sekilas semua menu, saya putuskan untuk melihat Produk Info terlebih dahulu. Saya pengen tahu aja produk-produk Jotun itu apa saja.


Waktu membuka menu ini saya baru ngeh ternyata cat itu banyak macamnya dan berbeda-beda kegunaannya. Jadi kita harus tahu dulu apa yang mau kita cat, untuk eksterior atau interior, trus bahannya apa, dindingkah, kayu,atau besi ?. Soalnya masing-masing cat akan memberi efek yang berbeda. 

Cat untuk eksterior harus dipilih yang tahan udara, tidak mudah luntur, tahan cahaya. Kalau interior pilih yang lebih tahan lembab karena di dalam ruangan biasanya suhu lebih rendah. Trus untuk kayu juga ada pilihannya, mau kesan mengkilap atau matte.

Wah jadi nambah pengetahuan nih.

Di menu ini juga diterangkan cara pengaplikasian cat tersebut, persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum pengecatan, pemakaian dan keunggulan masing-masing produk. Pantesan waktu ngecat pagar dulu, oleh yang jual cat saya disuruh beli pelapis dasarnya, ternyata memang begitu agar cat menempel lebih sempurna dan tahan lama. Ngga heran cat pagar rumah saya awet dibanding rumah-rumah tetangga. ternyata itu rahasianya.

Saya juga baru tahu, cat Jotun itu ternyata sangat aman, bebas dari bahan kimia berbahaya. Produk-produknya banyak pilihan, ada yang bebas amoniak, bebas timbal. mudah dibersihkan, anti bakteri. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan ruangan yang mau di cat.

Filosofi Warna
Setelah tahu produk-produknya Jotun, saya lanjut ke menu yang menjelaskan arti warna-warni yang ada.


Setiap warna itu katanya memiliki arti masing-masing. Nah di warnapedia ini kita bisa tahu warna-warna apa yang memberi kesan yang ingin kita tampilkan di rumah kita beserta efeknya. Misalnya seperti warna yang saya dan suami suka yaitu warna natural, coklat,krem,putih. 


Coklat itu ternyata akan menimbulkan perasaan menyatu dengan alam, menciptakan kesan sederhana dan menumbuhkan rasa nyaman pada penghuni ruangan. Yup, pas banget dengan kesan dan efek yang saya inginkan saat berada di rumah. Ngga salah saya memilih coklat sebagai cat rumah kami baik interior maupun eksterior.Karena rumah itu kan tempat pulang, dan saat pulang saya ingin menjadi diri sendiri dengan merasa nyaman dan meyatu dengan ruangan.

Main Warna
Setelah tahu efek yang dihasilkan warna coklat, saya pun pengen nyoba mengaplikasikannya ke rumah. Pakai menu Let's Colour aja


Nah ini nih menu yang paling saya sukai. Sesuai dengan kebutuhan saya. Nyoba-nyobain warna.Di sub menu mix and Match langsung bisa coba-coba warna di ruangan yang kita inginkan. Mau coba untuk ruang tidur, ruang tamu, interior maupun eksterior tinggal klik ruangannya, pilih warnanya dan hupla warna akan teraplikasi di sana. Mau ubah ke warna yang lain ya tinggal ganti warna saja. Seruuuu.

Saya nyoba  ini nih untuk warna eksterior yang saya inginkan.


Pilihan saya jatuh di Burn Sugar, berasa makan coklat xixixi.

Selain bisa coba-coba warna, di menu Let's colour ini juga disediakan sub menu untuk menghitung kebutuhan cat sesuai dengan luas ruangan. Sebagai orang awam kan kita kurang tahu bagaiamana hitung-hitungannya. Paling gampang sih nanya tukang, tapi kalau bisa hitung sendiri kan kita bisa memperkirakan budget yang harus disisihkan dan mencegah mubazir kalau catnya kelebihan.
Caranya:

- Klik ruangan yang ingin di cat, misalnya living room,dining room, kitchen atau bed room
- Trus pilih bahan yang mau di cat, metal, dinding atau kayu
- Masukkan ukuran permukaan yang mau di cat
- Taraa muncul deh pilihan jenis cat dan ukurannya, berapa liter gitu.

Setelah memilih warna yang pas, kita bisa coba-coba cek nih berdasarkan Feng Shuinya di Jotun Geomancy


Menu ini menerangkan tentang lima element yang ada, Feng Shui Warna serta ada juga tanya jawab.



Lima elemen tersebut adalah api,kayu,air,logam dan tanah. Ih saya kok langsung kepikiran film Naruto yah. pake elemen-elemen segala.


Setelah saya baca ternyata elemen yang paling mendekati dengan diri saya adalah api. Dinamis, yakin akan kemampuan diri, suka menerima gagasan baru, sulit mengendalikan emosi, tidak sabaran Xiixixi, ya seperti itulah saya.  Warna yang mewakili diri saya adalah merah. Wih bener banget, warna kepribadian saya kan emang merah. Walau untuk cat rumah saya pilih warna natural.

Trus ada feng Shui. Ini menu yang paling disukai suami saya, soalnya dia suka banget tuh nanya-nanya Feng Shui sama pemilik toko bangunan langganan kami. Ternyata dalam Feng Shui, warna memiliki efek psikologis. Terlalu banyak warna gelap bikin penghuninya malas, terlalu banyak warna cerah menyebabkan penghuni susah beristirahat. Makanya diusahakan keseimbangan warna antara gelap ( Yin ) dan cerah (Yang ). Aih, udah kayak ahli Feng Shui saja lah.

Tidak hanya warna, letak ruangan pun memiliki Fengshui sendiri. Beberapa letak ruangan di rumah kami diubah suami mengikuti Feng Shui yang pas. Contohnya bawaan rumah lama tuh WC menghadap langsung ke pintu, katanya sih itu Feng Shui nya jelek, oleh suami saya WC nya langsung digeser jadi tidak menghadap langsung ke pintu. Saya sih manut aja, karena secara logika juga agak aneh menurut saya kalau WC langsung menghadap ke pintu, lah kalau pas apes lupa ngunci pintu saat kita sedang nongkrong, ada yang buka pintu, masa langsung disuguhi pemandangan aduhai, hehe.

Ntar di bawahnya kita bisa kirim komentar dilengkapi dengan data diri kita. Mungkin buat bilang setuju atau penyenggahan atau malah nanya-nanya lebih lanjut ke pakar fengshuinya. Asik nih bisa konsultasi gratis.

Cari Lokasi
Udah tahu permukaan yang mau dicat, warna yang dipilih, trus jumlah yang mau dibeli, saatnya belanjaaa. 

Nah biar ngga nyari-nyari lagi, di menu Store Locator kita bisa intip toko bangunan yang menjual cat Jotun.


Ada tiga pilihan pencaria lokasi. Kalau saya lagsung cari lokasi terdekat

Caranya tinggal pilih negara, area, dan akan muncul tuh nama-nama toko berserta alamat dan petanya. Setelah saya cek toko yang ada di Medan, hampir 50 persen lokasinya dekat dengan rumah saya semua, horeeee, apalagi ada Mitra 10 yang memang langganan kami tuh.


Info dan Promo
Kalau sudah selesai semuanya, rumah udah cantik, bisa deh lihat-lihat info yang ada di aplikasi DecorativeJI ini. Ada menu Articel


Menu ini berisi artikel-artikel yang bisa membantu kita untuk lebih mengetahui tentang rumah.Berisi pengumuman-pengumuman penting juga seperti pengumuman pemenang kontes Jotun.

Melalui menu ini kita ngga akan ketinggalan event-event yang diadakan Jotun, karena selalu update. Wah sayang sekali saya baru tahu aplikasi mobile ini belakangan padahal banyak banget lomba menggiurkan yang diadakan Jotun. Yang baru aja tuh event Decorative Launching


Sesuai namanya, kita bisa tanya jawab masalah ruangan apa saja. Disitu sudah ada beberapa pertanyaan yang pernah diajukan sekaligus jawabannya. Jadi tinggal baca-baca aja dulu, siapa tahu pertanyaan yang mau kita ajukan sudah pernah dibahas.

Entertainment



Menu ini merupakan challenge untuk pengguna aplikasi DecorativeJI. Disini kita bisa men-share photo hasil decorasi dan pilihan warna yang kita lakukan. Boleh interior atau eksterior. Ntar tinggal submit fotonya. Setelah di submit, akan muncul di gallery photo. Jadi sekalian bisa lihat-lihat juga dekorasi dan warna pilihan pengguna yang lain. Seru nih kayaknya, langsung aja saya nyobain upload foto rumah saya

Setelah capek berselancar di dunia Jotun, saatnya rehat dengan main games.



Kayak games waktu kecil itu, naruh bulatan di kotaknya, ntar lawan main berusaha nutup jalan kita. Dulu sih mainnya pakai lidi sama kertas. Saya cobain juga lah pengen tahu. Dan menang trus xixixi, ya iyalah emang gamesnya gampang kok.

Waaaah udah selesai deh mengeksplore semua menu yang ada. Kalau mau terkoneksi setiap saat dan berinteraksi dengan adminnya Jotun, disediain juga tuh sosial medianya. twitter dan facebook. Wajib di add nih biar ngga ketinggalan info


Twitter : @warnaimpian
Facebook : Warna Impian

Hmm ngga nyangka, semua hal yang saya butuhkan disajikan komplit di mobile aplikasi DecorativeJI ini. Dengan aplikasi ini menurut saya sangat memudahkan kita mencoba dan mendekor ulang rumah sesuai keinginan tanpa resiko penyesalan di belakang, karena udah disimulasi terlebih dahulu.

Hasil eksperimen yang saya terapkan di rumah saya seperti di bawah ini. Rumah mungil sederhana dengan warna yang saya impikan. Memberi kehangatan dan kenyamanan selayaknya sebuah rumah. A Place to Called home, tempat berpulang, merajut kasih ,harapan dan melepas penat



Setelah mencoba semua menu-menu yang ada, kesimpulan saya, buat pasangan yang baru mau punya rumah, atau yang mau rehab rumah, mau bangun rumah, bosan dengan suasana yang itu-itu saja, segera download deh aplikasi ini, gampang banget dan sangat berguna. Ngga ada ruginya sama sekali, malah banyak keuntungannya.

Ngga percaya? Coba aja rasakan pengalaman serunya.


Sumber :
Aplikasi Blackberry
3 comments on "DecorativeJI, Pengalaman Seru Mewujudkan Warna Impian"
  1. mangstaaaaabbbbbb !!! Bakalan menang nih...Mak Windi

    Semoga sukses yaa :)

    ReplyDelete
  2. Duh, tulisanmu selalu keren Mbak, Gutlak Yah ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature