Srikandi Blogger, Aktualisasi Perempuan di Era Digital

Tuesday, May 14, 2013
Hiruk pikuk perhelatan akbar ajang Acer Srikandi Blogger 2013 telah selesai. Senyum puas para finalis, panitia dan semua pihak yang terlibat menghiasi dunia maya. Sebuah ajang apresiasi terhadap para perempuan blogger yang mungkin selama ini tidak terlalu disadari sepak terjangnya.

Tak dapat dipungkiri ajang yang melibatkan para perempuan blogger yang tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger ini merupakan perhelatan terbesar pertama kali untuk dunia blogging Indonesia.Bukan saja terbesar semangatnya namun juga terbesar cakupannya. Karena tidak hanya diikuti oleh blogger di satu propinsi tertentu tetapi seluruh perempuan blogger dari ujung Barat Indonesia ke ujung Timur hingga menyeberang ke negeri tetangga dan negeri saudara jauh. Tidak hanya itu, acara dengan sponsor utama Acer dan Rinso ini pun bertabur hadiah, mulai dari stok rinso selama setahun, TV Samsung hingga Notebook Acer. Awesome.

Kumpulan Emak Blogger 

Dengan tagline " Kami Ada Untuk Berbagi", Kumpulan Emak Blogger yang digawangi oleh MakPon Mira Sahid,sampai saat ini berhasil menjaring anggota mencapai 1000 perempuan blogger yang terdiri dari berbagai profesi. Uniknya, walaupun memakai nama Emak, namun nyatanya para anggota tidak hanya terbatas oleh perempuan yang telah berkeluarga, namun semua perempuan blogger dengan batas usia tertentu. Masuk akal sih, karena kan nantinya para perempuan ini juga akan menjadi seorang emak. 

Panggilan emak sendiri menjadi begitu akrab saat diucapkan, walaupun terkesan kampungan dan udik tapi ternyata hal itulah yang menjadi perekat saat bertegur sapa di dunia maya. Bahkan tak jarang panggilan yang awalnya dilontarkan di dalam grup akhirnya terbawa juga ke wall masing-masing anggotanya.

Berbeda dengan kebanyakan grup di facebook yang biasanya melakukan interaksi di dalam grup, justru di KEB ini interaksi terjalin saat melakukan blog walking ke masing-masing blog para emak. Semakin aktif menulis di blog maka semakin intenslah blog si emak akan dijambangi. Sharing is Caring benar-benar diterapkan disini. Karena yang namanya perempuan, dunia yang digeluti tak jauh-jauh dari dunia parenting, keluarga dan kehidupan sehari-hari. 

Blogging

Bagi para emak mungkin awalnya kegiatan ngeblog hanya untuk mencurahkan isi hati. Ada juga yang menjadikan blog sebagai arsip kisah pribadi. Tak sedikit yang menjadikan blog sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimilikinya, seperti dunia kepenulisan, masak-memasak, politik, hingga kesehatan. Dan tak dipungkiri akhirnya ada beberapa yang menjadikan blog sebagai lahan untuk menambah penghasilan, baik untuk jualan online ataupun untuk mengikuti berbagai ajang lomba blog yang semakin menjamur dengan hadiah yang begitu menggiurkan. Apapun tujuan para perempuan blogger ini menulis di blog, toh pada akhirnya semua tulisan tersebut akan memberi manfaat bagi para pengunjungnya dan tentu saja manfaat bagi si empunya blog. 

Ngeblog bagi saya, awalnya adalah terapi jiwa. Saya aktif ngeblog sejak tinggal terpisah dengan suami. Rasa rindu, putus asa dan merasa sebagai istri yang egois saya tuangkan dalam tulisan. Di tengah tumpukan pekerjaan, saya tenggelam dalam dunia yang ternyata sangat saya sukai ini. Dari sekedar curhat colongan, akhirnya ngeblog malah menjadi obat hati untuk saya. Sejak rajin menulis, saya merasa diri saya menjadi pribadi yang lebih baik. Ngeblog juga mendongkrak kepercayaan diri saya beberapa level lebih tinggi, karena dengan latihan menulis di blog saya bisa menerbitkan beberapa tulisan saya dalam bentuk buku, sesuatu yang tidak pernah ada dalam pikiran saya sebelumnya. Dan entah karena keberuntungan atau memang rezeki, beberapa tulisan di blog saya ini malah mendatangkan materi yang tidak sedikit untuk saya dan keluarga.

Ya tanpa saya sadari, jika ditekuni secara serius ngeblog itu banyak sekali manfaatnya. Termasuk bertemu dengan para perempuan inspiratif dari kegiatan bewe yang saya lakukan.

Srikandi Blogger


Saat digaungkan pengumuman akan diadakannya pemilihan Srikandi Blogger, saat itulah kegiatan blogging seperti mendapat sebuah apresiasi luar biasa. Awalnya saya sendiri tidak mengerti, apa yang dimaksud dengan pemilihan Srikandi Blogger ini, namun melihat semangat para makpan dan makmin dalam woro-woro pemilihan ini saya pun tergerak untuk mengikutinya. Dengan syarat yang tidak menyulitkan yaitu minimal telah ngeblog selama 2 tahun dan mengirimkan email tanda kepesertaan saya pun melayangkan lamaran kesanggupan berkompetisi dengan perempuan blogger lain. Satu hal yang saya tidak tahu adalah kalau para peserta lain mengirinkam resume yang berisi alasan mengikuti ajang ini.Saya tahunya setelah deadline berakhir, kala membaca ulang lagi syarat dan peraturan lomba, karena itu saya segera melupakan ajang ini.

Siapa sangka saat pengumuman 50 semi finalis, nama saya terjaring di dalamnya. Dari 150 emak yang mendaftar, blog saya terpilih, waduh senang bukan kepalang. Saya berpositif thinking bahwa mungkin para makpan melihat ada sesuatu di blog saya sehingga saya layak menjadi 50 finalis.

Para Finalis

Pun saat ke 10 finalis diumumkan dan nama saya tidak ada di dalamnya, saya mengacungkan apresiasi setinggi-tingginya untuk pilihan dewan juri. Karena ke 10 nama Srikandi Blogger yang terpilih memang para perempuan yang aktif dalam dunia blog baik online maupun offline. Myra Anastasia, Winda Krisnadefa,Dina Begum,Alaika Abdullah,Diadjeng Laraswati adalah pemilik blog yang sering saya kunjungi. Menurut saya blog mereka unik, dengan penggunaan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami dan kisah yang terkadang sepertinya sederhana tapi menjadi sesuatu yang istimewa berkat ramuan tulisan mereka. Kelebihan lainnya adalah mereka tak segan melakukan kunjungan balasan dan menanggapi komentar yang mampir di setiap postingan blog. tak heran Srikandi -Srikandi ini bisa dibilang merupakan selebritis blog perempuan ( menurut saya lho ).

Sedangkan finalis lainnya saya memang tidak terlalu kenal, maklum saja saya baru beberapa bulan bergabung dalam KEB. Syukurlah ada ajang Srikandi Blogger ini, saya jadi lebih mengenal mereka melalui tulisan-tulisan di blognya. Anazkia ,Shinta Ries,Nci Hanie,Octaviani N,Eka Maya finalis yang ternyata blognya juga sering saya baca tapi saya tidak tahu siapa pemiliknya. 

Penganugerahan

Setelah satu bulan berjibaku dari mulai pendaftaran, penyaringan 50 semi finalis hingga penyusutan menjadi 10 finalis, akhirnya pada hari Minggu 28 April 2013 acara puncak pun di gelar. Bertempat di Gedung F Kemendiknas Jl Sudirman Jakarta. Sungguh saat itulah saya merasa betapa beruntungnya orang yang tinggal di Jakarta, karena bisa menghadiri acara bergengsi tersebut. Sedangkan saya yang berada di Medan cukup berpuas diri dengan menyaksikan melalui live streaming yang bisa diakses via internet ( thanks to internet ).

Saya dibuat takjub oleh penampilan emak-emak yang berubah bak Cinderella, cantik-cantik dan sungguh anggun. Tentu saja itu semua tak lepas dari sapuan ajaib Wardah kosmetik yang menjadi salah satu sponsor acara ini. 

Emak-emak yang mungkin sehari-harinya gemar berdaster ria, memakai pakaian senyaman mungkin di rumah, kini harus berjuang berjalan di catwalk memakai sepatu/sendal berhak dengan balutan kebaya yang mengeluarkan aura kewanitaan meraka, so beautiful. Ah emak, ternyata ada kecantikan tersembunyi dalam diri kalian.

Walaupun tidak hadir di antara para Srikandi tersebut, saya melihat susunan acara yang disajikan tertata dengan baik, dari mulai monolog, mini drama, fashion show hingga tentu saja acara puncak yang ditunggu-tunggu. Tidak hanya para finalis, saya pun turut deg-deg-an menanti pengumuman siapa yang terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013.


Daaan akhirnya terpilihlah tiga Srikandi Blogger 2013 untuk masing-masing kategori:

Acer Srikandi Blogger 2013
Mak Alaika Abdullah

Acer Srikandi Favorit 2013
 Mak Anazkia

 Acer Srikandi Persahabatan 2013
Mak Myra Anastasia.

Ketiga srikandi terpilih ini menurut saya memang pantas sekali menyandang gelar tersebut. 

Myra Anastasia memang seorang blogger yang sangat bersahabat. tak heran setiap postingan di blognya selalu dibanjiri komen karena belaiu memang aktif sekali blogwalking ke blog orang lain. Dan kekonsistenannya ngeblog itu lhooo patut diacungin jempol, karena ngga hanya mengelola satu blog tapi tiga blog sekaligus yang ketiganya selalu update

Anazkia. Entah kenapa, saat saya Bewe ke blognya saya selalu merasa nyaman dengan segala cerita yang dibaginya. Sebagai seorang TKI di negeri orang saya sangat salut dengan manajemen waktunya yang bisa membagi antara pekerjaan, koordinator hibah sejuta buku hingga menyempatkan diri berbagi melalui blog.

Alaika Abdullah,saya mengenalnya sebagai blogger dengan bahasa tulisan yang sangat tertata dan sistematis. Selain itu saya juga tahu mak Alaika Abdullah sebagai seorang penulis novel Selingan Semusim. Sungguh tak salah juri menobatkannya sebagai Acer Srikandi Blogger 2013 karena beliau memang merupakan sosok perempuan blogger multitalented yang menginspirasi para perempuan lain.

Di samping tiga penghargaan di atas, ternyata ada dua penghargaan tambahan yaitu Live Time Achievement yang disematkan ke mak Yati Rachmat, seorang perempuan berusia 70 tahun yang usianya tak menghalangi semangat untuk berbagi. Angkat topi untuk mak yang satu ini.

Kemudian Acer Srikandi Inspiratif 2013 diberikan kepada mak Haya Alia Zaki, seorang editor yang tulisannya selalu bernas. Entah sudah berapa banyak tulisannya yang malang melintang di media.

Perempuan Era Digital

Applaus yang sangat meriah pantas kita berikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam ajang ini. Acara ini menunjukkan pada dunia digital, bahwa seorang perempuan memiliki potensi luar biasa di dalam dirinya yang akan menjadi penggerak bagi lingkungannya. Keterbatasan yang mungkin selama ini dirasa menghalangi, dengan ajang ini membuka mata para perempuan dimanapun berada bahwa sebenarnya diri kitalah yang membuat batasan-batasan itu.

Bahwa seorang perempuan, entah itu yang berkarir di luar rumah atau berkarir di dalam rumah memiliki kesempatan yang sama untuk mengaktualisasikan dirinya. Memiliki kesempatan yang sama untuk maju, berkembang, memperoleh ilmu, berprestasi  dan bermanfaat bagi lingkungannya. Tinggalkan stigma negatif bahwa perempuan itu tidak melek teknologi, bahwa perempuan lamban dalam menerima arus informasi baru.

Para Srikandi Blogger ini telah membuktikan pada kita semua, bahwa saat perempuan punya gawe bahkan yang dipanggil emak - dengan konotasi seorang perempuan lugu,berdaster,bau susu bayi- ternyata bisa menggelar perhelatan akbar yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dengan para sponsor yang bersedia mendukung acara ini, Acer, Rinso, Wardah, merupakan bentuk pengakuan secara eksplisit dari brand-brand ternama bahwa acara Acer Srikandi Blogger 2013 ini adalah acara bergengsi yang memang patut di dukung dan diapresiasi setinggi-tingginya.

Dan satu hal yang paling membekas dari ajang Srikandi Blogger ini bagi saya yaitu saya benar-benar jadi melek. Dulunya saya ngeblog sesuka hati. Setelah beberapa kali menang lomba, saya malah kebanyakan posting hanya untuk lomba. Melihat para Srikandi Blogger ini saya jadi malu pada diri sendiri. Karena isi blog mereka semua benar-benar merupakan hal yang bermanfaat. Sederhana tapi menginspirasi. Dan jujur saya, saya tidak mengira ada begitu banyak perempuan blogger yang sehari-hari di rumah ternyata memiliki amunisi demikian kuat untuk menulis dan berbagi. Hal tersebut memberi masukan positif kepada saya yang selama ini dihantui ketakutan apabila suatu saat karena keadaan saya harus resign dari pekerjaan saya. Kini saya sudah melihat begitu banyak contoh nyata, bahwa perempuan di era digital ini bisa berekspresi dan mengaktualisasikan diri tak peduli apapun profesinya.


Selamat kepada semua finalis, kepada para pemenang, kepada para panitia, dewan juri, dan tentu saja kepada seluruh perempuan blogger yang telah berbagi melalui tulisan, menginsiprasi melalui kisahnya. Semoga ajang ini akan ada setiap tahunnya , melahirkan Srikandi-Srikandi baru yang tahu apa yang dia mau, berani memanfaatkan peluang yang ada dan tidak takut mengemukakan pendapatnya. Karena dialah perempuan era digital.













8 comments on "Srikandi Blogger, Aktualisasi Perempuan di Era Digital"
  1. perempuan jaman sekarang hebat2 ya mak.
    yuk mari menularkan inspirasi lewat menulis.
    good utk kontesnya ya mak windi

    ReplyDelete
  2. Salut juga buat mak windi, yang selalu bikin iri karna setiap bulan ada aja yang bisa ditularkan, plus dapat hadiah. kayaknya, mak windi bakal jadi salah satu jajaran emak inspiratif dalam list akuh nih.

    ReplyDelete
  3. Seperti biasa bau kemenangan haha

    ReplyDelete
  4. hm...Mak Windi, mang selalu memancing kita untuk menulis menulis biar dapet hadiah...kereeen Mak

    ReplyDelete
  5. Seperti biasanya tulisan mbak Windi .... tulisan yang pasti menarik hati juri. Moga menang ya :)

    ReplyDelete
  6. Selamat siang. Jury visit. Semoga sukses ya mak :)

    ReplyDelete
  7. You write so well that everytime when I open your blog, I end up with reading all the sentences but couldnt understand it more as its not in english language.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature